Dear Tattoo: Melanie Soebono

 

melani-soebonoRahasia ini biar saya saja yang tahu.

Melanie Soebono memunyai tujuh tato di tubuhnya. Sebuah tato berbentuk kalung di lengan sebelah kanannya. Bentuk cincin di jari tengah tangan kiri, kupu-kupu di pergelangan tangan kanan dan kirinya. Empat lainnya di wilayah yang tertutup bila dia mengenakan gaun. Mel menunjuk pada pinggul bagian kiri, paha kanan, dan punggung. Di sanalah dirajah empat tato. Dia lupa alasan membiarkan tubuh moleknya dirajah jarum. Bagi Melanie, tato adalah media pengingat akan peristiwa penting dalam hidupnya. “Banyak perempuan menulis kejadian penting di diary, saya nggak. Saya justru mengingat momen itu dengan menato.”

Banyak orang berkomentar aneh tentang tato Mel. Contohnya tato di lengan kanannya. Tato itu berbentuk kalung bandul bunga mawar dengan empat burung kecil di sisi kiri dan kanan. Jumlah rantai kalung, burung dan bandul mawar itu semua punya makna. “Rahasia. Biar saya saja yang tahu,” kata Melanie enggan menjelaskan makna rajahan di tubuhnya. Selain menggemari tato, Mel dan suaminya membuka studio tato di bilangan Kemang. Namanya Gusti Body Art, berasal dari nama suaminya yang memang seniman tato. “Beberapa tato saya buatan suami,” aku dia bangga.

Gusti Body Art sudah berdiri 12 tahun. Pelanggannya tak hanya terbatas pada pecinta tato lokal. Awak band asal negeri Abang Sam, Good Charlote juga pernah merajah tubuh mereka di tempat itu. Melanie tak pernah menyesal tubuhnya berhias tato. “Saya menyukai ini dan bertanggung jawab dengan tak menyesali apa yang sudah saya perbuat dengan tubuh saya,” kata dia. Dalam waktu dekat dia bahkan berencana kembali membuat tato. “Lengan kanan saya harus ditato penuh.” Kecanduan? “Bukan addict. Pertama kali bikin tato pasti ketakutan membayangkan digores jarum. Tapi begitu ditato, rasanya nggak separah yang dibayangkan.” rizki amelia

Koran Jakarta edisi Minggu 22 Februari 2009




    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: